Senin, 23 April 2012

Perangkat Keras Internet dan Intranet





A. INTERNET
Internet adalah suatu jaringan komputer yg satu dengan yg lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satu jaringan internet daoat berada dimana saja atau bahkan di seluruh Indonesia. Sering juga Internet diartikan sebagai jaringan komputer diseluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer atau dibuat pemilik informasi yg menitipkan informasinya kepada penyedia layana internet.


Internet merupakan gabungan dari berbagai LAN dan WAN yg berada di seluruh jaringan komputer di dunia, sehingga terbentuk jaringan dengan skala yg lebih luas dan global. Jaringan internet biasanya menggunakan protokol TCP/IP dalam mengirimkan paket data. Internet berasal dari kata Interconnected Network yang berarti hubungan dari beragam jaringan komputer di dunia yang saling terintegrasi membentuk suatu komunikasi global.


A.1 Perangkat Keras Internet
Untuk menghubungkan komputer ke internet diperlukan beberapa perangkat keras, antara lain :

1. Komputer
Komputer merupakan perangkat keras yang mutlak ada untuk melakukan akses internet. Komputer yg digunakan untuk mengakses internet harus memiliki spesifikasi yg memadai
a). Processor
Komputer yg digunakan minimal pentium 1. Processor ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yg ada pada sistem komputer. Semakin tinggi kemampuan sebuah processor maka semakin tinggi pula kecepatan komputer untuk memproses data.



b). Memory/RAM RAM (Random Acces Memory) yg digunakan minimal 32 Mb. RAM berfungsi menyimpan masukan data dan perintah yg sifatnya sementara. Semakin besar kapasitas yg dimiliki oleh RAM maka semakin cepat pula komputer memproses data.



c). Hardisk Hardisk yg digunakan minimal berukuran 3,2 Gb (Gyga Byte). Hardisk berfungsi untuk menyimpan sistem operasi, program dan data-data.

 

2. Modem (Modulator Demodulator) Modem adalah komponen elektronik yg berfungsi mengubah signal digital menjadi signal analog (signal suara) atau sebaliknya. Signal digital dari komputer diubah ke signal analog agar dapat ditransmisikan menggunakan jaliur telekomunikasi telepon ke komputer lainnya. Setelah signal analog sampai ke komputer tujuan maka harus diubah kembali menjadi signal digital agar dapat dipahami komputer kembali.

MOdem ada 2 jenis, yaitu:


1) Modem internal adalah modem yg dipasangkan dislot di motherboard dan terdapat di dalam CPU (Central Processing Unit). Keuntungan modem ini adalah harganya relatif murah, tidak memerlukan tempat tersendiri karena terletak dalam CPU.
Kelemahannya yaotu pemasangannya lebih sulit dan tidak dapat dipindah-pindah dari komputer satu ke yg lainnya.


2) Modem eksternal
Modem eksternal adalah modem yg terletak di luar CPU yg terhubung ke motherboard melalui Serial Port atau slot USB.
Keuntungannya pemasangan yg lebih mudan dan sapat dipindah-pindah.
Kelemahannya harganya relatif mahal.




3. Jaringan Telpon

Jaringan telpon merupakan salah satu prasyarat yg sangan penting untuk mengakses internet. Jaringan telpon digunakan untuk meneruskan signal dari modem. Pada saat kita terhubung keinternet kita menggunakan pulsa telpon pada saat kita menelpon. Tarif yg berlaku tergantung pada ISP yg kita gunakan.



B. INTRANET
Intranet adalah jaringan kompuetr-komputer yg saling tersambung digunakan suatu suatu sistem organisasi. Misalnya: Jaringan komputer-komputer PT Telkom Indonesia. Jadi dibilang "internet" khusus. Intranet berfungsi mengkomunikasikan komputer satu sama lain, persis seperti internet tapi kayanannya tidak seluas dan seberagam internet.


Intranet merupakan suatu jaringan komputer yg terdiri dari LAN maupun WAN, serta Internet untuk akses yg lebih global. Intranet dapat diartikan hanya memberikan layanan bagi sekelompok pengguna komputer yg terhubung dengan LAN maupun WAN untuk mengakses internet dalam lingkup lokal saja. Biasanya Intranet hanya melayani sebuah instansi dalam suatu wilayah jangkauan LAN/WAN teresebut.

B. 1 Perangkat Keras Intranet


Untuk membangun jaringan komputer seperti LAN dan MAN dibutuhkan perangkat keras yg memungkinkan komputer tersebut untuk saling berkomunikasi. Perangkat tersebut antara lain:

1. Komputer
Berdasarkan fungsinya komputer dapat dibedakan menjadi 2. yaitu:

1) Komputer server, yaitu komputer yg berfungsi untuk melayani dan mengatur jaringan komputer lainnya.
2) Komputer client, yaitu komputer yg berfungsi sbg tempat dimana pengguna komputer jaringan bekerja.




2.Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau NIC (Network Interface Card) merupakan perangkat yg menghubungkan komputer ke suatu jaringan kartu yg dipasang pada salah satu slot ekspansi pada mainboard komputer.




3. Kabel Jaringan
Kabel jaringan merupakan komponen pokok dalam sebuah jarinagn. Tanpa adanya media ini, jaringan tidak bisa berjalan dan tidak bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan.


Berikut ini macam-macam kabel jaringan:
1) Kabel bersumbu sama (coaxial cable)






2) Kabel terpilih (twisted pair)
Kabel terpilin terdiri atas 2 jenis, yaitu kabel terpilin tanpa pelindung (unshielded Twisted Pair) dan kabel terpilin dengan pelindung (Shielded Twisted Pair). Kabel yg paling banyak digunakan adalah kabel tanpa pelindung karena disamping harganya relatif murah juga mudah didapat serta memiliki kemudahan dalam instalasinya.




3) Kabel serat optik (fibre optic cable)




Sumber : here

0 komentar:

Poskan Komentar